Nuklir Korea Utara Tahun 2018 Terus Berlanjut

Nuklir Korea Utaraaaaaaaaaa

TOPMETRO.NEWS – Nuklir Korea Utara dinyatakan akan terus berlanjut tahun 2018 mendatang. Korea Utara menyatakan negaranya akan tetap berkomitmen mengembangkan nuklir itu. Keputusan ini dinyatakan dalam sebuah laporan yang dikeluarkan kantor berita yang dikelola Korut, KCNA, 30 Desember 2017. Bahkan Korea Utara akan terus memperkuat kemampuan untuk membela diri dari serangan awal dengan kekuatan nuklir sebagai poros utama selama AS dan pasukannya bersikeras melakukan ancaman nuklir.

“Jangan mengharapkan ada perubahan dalam kebijakan itu,” tulis laporan itu, seperti dikutip dari CNN, Sabtu 30 Desember 2017.

“DPRK (Korea Utara), sebagai negara bersenjata nuklir yang bertanggung jawab, akan membawa tren sejarah ke jalan satu-satunya menuju kemerdekaan dan keadilan, yang mengancam planet ini.”

“Korea Utara akan terus memperkuat kemampuan untuk melakukan pembelaan diri dari serangan awal dengan kekuatan nuklir sebagai poros utama selama AS dan pasukannya bersikeras melakukan ancaman nuklir,” imbuh laporan dari kantor berita Korea Utara itu.

Laporan yang berjudul “Tidak Ada Kekuatan yang Bisa Berkuasa di Atas Kemerdekaan dan Keadilan” itu juga dilengkapi dengan daftar pencapaian senjata nuklir Korea Utara sepanjang 2017.

Sekadar diketahui sepanjang tahun 2017, Korea Utara telah melakukan serangkaian uji coba rudal balistik, meski tindakan itu terus-menerus mendapat kecaman dan direspons dengan sanksi.

Rudal Balistik

Uji coba paling provokatif sepanjang 2017 saat Korea Utara meluncurkan rudal balistik antarbenua pada 29 November 2017.

Negara yang dipimpin Kim Jong-un itu mengaku berhasil menguji coba misil yang diklaim mampu hulu ledak raksasa dan menjangkau daratan AS.

Rudal itu terbang lebih tinggi dan lebih jauh dibanding uji coba sebelumnya, dan terjadi dua bulan setelah negara di utara Semenanjung Korea itu vakum uji coba selama dua bulan.(tmn)

sumber: liputan6

Related posts

Leave a Comment